Kandungan Sirih / Piper betle Dalam Pasta Gigi Levisav

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat yang panjangnya bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 – 8 cm dan lebar 2 – 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 – 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 – 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Kandungan Kimia
Daun mengandung minyak atsiri dengan kadar berkisar antara 0,13-0,33% v/v. Dari laporan lain dikemukakan bahwa minyak atsiri Piper betel terdiri dari kavibetol, katekol, kadinen, karvakrol, kariofillen, kavikol, 1,8-sineol, estagol, eugenol, metileugenol, pirokatekin, terpinil asetat, sesquiterpen, triterpen dan tripterpenoid, b-sitosterol. Disamping itu juga terdapat senyawa neolignan (piperbetol, metilpiper betol, peperol A, piperol B), krotepoksida suatu senyawa yang mempunyai potensi sebagai sitotoksik.

Minyak atsiri daun Piper betel L. mempunyai aktivitas terhadap bakteri Gram dan Bacillus subtilits, B. megaterium, Diplococcus pnemoniae, Eschericia coli, Erwinia carotovora, Micrococcus pyogenes, proteus vulgaris, Pseudomonas solanacearum, Salmonella typhosa, Sarcinia lutea, Shigella dysentriae, Streptococcus pyogens, Vibrio comma (aktivitas antimikroba tersebut diperkirakan dari kavikol).  Di samping terhadap bakteri, aktivitas tersebut dapat pula terhadap berbagai jamur (Asperlgillus niger, A. oryzae, Curvilaria lunata Fusarium oxysporum). Triterpen dan triterpenoid dapat berefek sebagai antiplateled dan anti-inflamasi. Daya hambat terhadap pertumbuhan Staphyllococcus aureus dan Entamoeba coli minyak atsiri yang diperoleh dengan metode ekstraksi lebih kuat dari pada minyak atsiri yang diperoleh secara destilasi. Sediaan pasta gigi dengan konsentrasi 0,5 % mempunyai daya antiseptik terhadap Streptococcus alpha. Minyak atsiri daun pada pengenceran 1:10.000 dapat mematikan Paramoecium caudatum dalam jangka waktu 5 menit; sedangkan pada pengenceran 1:4000 dapat menghambat pertumbuhan Vibrio cholerae. Pengenceran 1:3000 dan 1:2000 dapat menghambat berturut-turut Salmonella typhosum, Shigella flexneri dan Escherichia coli, Micrococcus pyogenes var. aureus. Krotepoksida mempunyai potensi sitotoksik. Senyawa fenolik bungan Piper betel dapat berefek pada sekresi katekolamin.
Pasta Gigi Levisav menggunakan kandungan ekstrak sirih asli dari bahan baku terbaik yang bersertifikasi sebanyak 1% untuk mendapatkan manfaat terbaik dari antiseptik alami yang kuat ini. Dengan formula yang kaya dengan kandungan minyak atsiri dari daun sirih dilengkapi dengan kandungan peppermint maka Pasta Gigi Levisav dapat sekaligus berperan sebagai mouthwash yang bekerja menjaga kesegaran dan kesehatan mulut.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sirih
http://lansida.blogspot.com/2010/07/sirih-piper-betle-l.html

Leave a Reply